MENULIS YUKK??

KARYA ILMIAH

OLEH: YULIANINSIH

13424860151619931814

  1. Pengertian

Karya imiah (scientific paper) adalah laporan tertulis dan dipublikasikan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Terdapat beberapa jenis karangan ilmiah antara lain: laporan penelitian, makalah seminar atau symposium, artikel dan jurnal. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan (referensi) bagi ilmuan lain dalam melakanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

  1. Sistematika Karya Ilmiah

Sistematika suatu karya ilmiah mampu menjawab pertanyaan berikut:

  1. Apa yang menjadi masalah?
  2. Kerangka acuan teoritik apa yang dipakai untuk memecahkan masalah?
  3. Bagaimana cara yang telah dilakukan untuk memecahkan masalah itu?
  4. Apa yang ditemukan?
  5. Makna apa yang dapat diambil dari temuan itu?

Paparan tentang apa yang menjadi masalah dengan latarbelakangnya dikemas dalam bagian pendahuluan. Paparan tentang kerangka acuan teoritik yang digunakan dalam memecahkan masalah umumnya dikemukakan dalam bagian dengan judul kerangka teoritis atau teori atau landasan teori atau telaah kepustakaan atau label-label lain yang semacamnya. Paparan mengenai apa yang dilakukan dikemas dalam bagian yang sering kali diberi judul metode atau metodologi atau prosedur atau bahan dan metode. Jawaban terhadap pertanyaan apa yang ditemukan umumnya dikemukakan dalam bagian temuan atau hasil penelitian. Sementara itu paparan tentang makna dari penelitian umumnya dikemukakan dalam bagian diskusi pembahasan.

  1. Menuliskan Daftar Pustaka

Karya ilmiah perlu dilengkapi dengan daftar pustaka yang memaparkan karya ilmiah lain yang digunakan sebagai rujukan. Daftar pustaka adalah daftar buku dan sumber-sumber lain yang digunakan penulis sebagai landasan atau bahan tulisannya.

Fungsi daftar pustaka antara lain:

  1. Menunjukkan kejujuran penulis bahwa tulisannya itu tidak semata-mata hasil penulisannya sendiri, tetapi sebagian dari buku atau sumber lain.
  2. Memberi bahan pengakuan atau penghargaan kepada penulis yang tulisannya diambil sebagai bahan.
  3. Membantu pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh yaitu dengan membaca buku-buku sumber yang disebutkan.
  4. Memenuhi kelaziman penulisan karya tulis.

Penulisan daftar pustaka harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah dilazimkan antara lain:

  1. Nama pengarang yang terdiri atas dua unsur atau lebih, penulisannya dibalik dan antara unsur pertama dan unsur kedua diberi tanda koma ( , ). Bila pengarangnya dua orang yang dibalik hanya nama pengarang yang pertama, kemudian antara nama pengarang pertama dan kedua diberi kata dan. Bila pengarangnya tiga orang atau lebih yang dicantumkan hanya nama pengarang pertama (tetap dibalik bila nama itu dua unsure atau lebih) diikuti dkk.
  2. Gelar akademis, gelar keagamaan, gelar kebangsawanan, dan lain-lain tidak dicantumkan. Misalnya Prof., Dr., H. Hasan Mulyanan, S.H cukup ditulis Mulyana, Hasan.
  3. Urutan penulisan kesamping kanan adalah nama pengarang (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (bila tidak ada, ditulis tanpa tahun diakhiri titik), judul buku (dicetak miring atau digarisbawahi diakhiri titik).
  4. Urutan kebawah berdasarkan abjad nama pengarang yang telah dibalik dan tidak memakai nomor. Contoh: Wiyanto, Asul. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.
  5. Menuliskan catatan kaki dalam karya tulis (footnote)

Fungsi catatan kaki adalah menunjukkan sumber informasi bagi pernyataan ilmiah yang terdapat dalam tulisan kita. Fungsi dari catatan kaki ini ialah sebagai tempat bagi catatan-catatan kecil yang jika disatukan dengan uraian akan mengganggu kelancaran penulisan, jadi catatan kaki itu juga berfungsi untuk memberi keterangan tambahan. Tetapi jika keterangan tambahan ini panjang sekali sebaiknya dipindahkan dipindahkan kebelakang (lampiran). Semua kutipan langsung maupun tidak langsung harus dijelaskan dari mana sumbernya, untuk makalah biasanya langsung harus dijelaskan dari mana sumbernya dibelakang kutipan dan dituliskan dalam tanda kurung, pengarangn, tahun, halaman. Sumber yang lengkap tercantum dalam daftar pustaka. Contoh: ……….Sahono Soebroto mengatakan bahwa tugas Administrasi Negara mencangkup semua aspek kehidupan nasional bangsa (Sabono soebroto, 1982, 7).

Fungsi catatan kaki dicantumkan sebagai penemuan kode etik yang berlaku sebagai penghargaan terhadap karya orang lain. Catatan kaki dipergunakan sebagai:

  1. Pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulisan yang tercantum didalam teks sebagai pentunjuk sumber.
  2. Tempat memperluas pembahasan yang diperlukan tetapi tidak relevan jika dimasukkan dalam teks, penjelasan ini dapat berupa kutipan.
  3. Referensi silang yaitu petunjuk yang menyatakan bagian mana/halaman berapa hal yang sama dibahas dalam tulisan.
  4. Tempat menyatakan penghargaan atas karya atau data yang diterima dari orang lain.

Penomoran catatan kaki dilakukan dengan menggunakan angka arab ( 1,2, dst.) dibelakang bagian yang diberi catatan kaki, agak keatas sedikit tanpa memberikan tanda baca apapun. Unsur-unsur catatan kaki antara lain:

  1. Nama pengarang (editor, penerjemah) ditulis dalam urutan biasa, diikuti koma).
  2. Judul buku ditulis dengan huruf kapital (kecuali kata-kata tugas digarisbawahi).
  3. Nama atau nomor seri.
  4. Data publikasi
    1. Jumlah jilid
    2. Nomor cetakan
    3. Kota penerbitan, diikuti titik dua ditulis diantara tanda kurung.
    4. Nama penerbit, diikuti koma
    5. Tahun penerbitan
    6. Nomor jilid buku (jika perlu)
    7. Nomor halaman diikuti titik.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s