SEHATKAH JANTUNG ANDA?

vitamin-suplement-untuk-jantung-sehat

MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang harus dilakukan setiap orang karena jantung salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia. Fungsi jantung sangat vital, jantung bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Ia adalah organ yang bertanggung jawab terhadap pasokan darah yang ada di seluruh tubuh. Resiko penyakit jantung bisa didapat seseorang dari faktor keturunan atau genetik, namun ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan begizi dan teratur berolahraga. Tidak hanya gaya hidup yang dapat dilakukan untuk memperkecil risiko sakit jantung, bisa juga melalui apa yang biasa kita makan. Makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung antara lain:

1. Oatmeal/sereal gandum

Membiasakan diri sarapan dengan oatmeal akan memberikan dampak yang sangat postif bagi kesehatan jantung karena gandum mengandung asam lemak omega-3, folat, kalium dan kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu arteri tetap bersih.

2. Ikan

Sebuah pedoman kesehatan yang disusun oleh European Society of Cardiology dalam konferensi Euro Prevent di Dublin, Irlandia, menjelaskan bahwa makan dua porsi dalam seminggu bisa cegah penyakit jantung. Memakan ikan jauh lebih baik dari pada mengonsumsi suplemen ikan. Hal ini karena ikan mengandung beberapa gizi lain yang tidak bisa ditemui di dalam suplemen tersebut. Omega 3 dipercaya menjadi kandungan yang berikan manfaat baik bagi jantung, namun para ahli belum bisa membuktikannya.


“Hal ini karena ikan mengandung berbagai gizi lain seperti vitamin D, selenium dan yodium yang mungkin juga bermanfaat bagi penyakit kardiovaskular.

3. Alpukat

Alpukat dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Alpukat dapat menyerap karatenoid lain-terutama beta carotene dan lycopene yang penting untuk kesehatan jantung (DR. Stephen T. Sinatra).

4. Minyak zaitun.

Banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan menurunkan kadar LDL. Mengganti penggunaan mentega dengan minyak zaitun merupakan langkah yang efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kacang-kacangan.

Khususnya kacang kenari banyak mengandung omega-3, sementara kacang almond, dan kacang macadamia sarat dengan lemak polyunsaturated (lemak tak jenuh majemuk).

6. Polong-polongan.

Mengandung asam lemak omega-3, dan kalsiumnya mudah terlarut dalam serat. Jenis makanan ini sangat cocok dikombinasikan dengan makanan yang berserat.

7. Bayam.

Banyak mengandung lutein (anti oksidan pelindung mata), folat (vit B9 atau folacin), kalium dan tentunya serat. Namun secara umum mengkonsumsi segala jenis sayuran adalah tindakan yang tepat dalam menjaga kesehatan jantung, mereka yang makan sayur setiap hari disinyalir dapat mengurangi risiko penyakit jantung sampai 25% dibanding yang tidak. (the physicians’health study).

8. Kedelai.

Kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dan karena kandungan lemak jenuhnya yang rendah menjadikan kedelai salah satu sumber protein yang baik untuk orang yang memiliki gejala penyakit jantung ataupun bagi kita yang ingin selalu menjaga kesehatan jantung kita. Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dari menjalani gaya hidup yang sehat. Salah satu yang paling mudah adalah dengan rajin mengonsumsi makanan sehat.  Salah satu penyebab utama munculnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah pola makan yang buruk yang memicu terjadi penumpukan lemak dan penyumbatan pembuluh darah ke seluruh tubuh. Agar kondisi ini dapat dicegah, sejumlah penelitian pun merekomendasikan agar calon penderitanya mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

9. Sayuran Hijau

Menurut penelitian di Swedia, sayuran hijau dapat mengurangi peluang serangan jantung hingga 25 persen. Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti mengamati asupan antioksidan pada pola makan 30.000 wanita Swedia berusia 49-83 tahun. Nyatanya partisipan yang diketahui memiliki asupan antioksidan tertinggi peluangnya 20 persen lebih kecil untuk mengalami serangan jantung dibandingkan partisipan yang asupannya paling rendah.

10. Pisang.

Ada pepatah di kalangan masyarakat barat bahwa makan satu apel setiap harinya bisa mengurangi resiko penyakit(“one apple a day, keep doktors away). Berdasarkan penelitian ternyata pisang adalah buah yang memberi manfaat lebih dibandingkan apel. Pisang kaya akan potassium, vitamin C dan B,dan korbohidrat. Para ahli jantung bahkan sering menganjurkan pasien mereka untuk makan 2 buah pisang tiap hari, apalagi bila mereka secara teratur makan obat untuk jantung dan darah tinggi. Ini dikarenakan potasium pada pisang adalah sangat penting buat otot jantung untuk berkontraksi dan mencegah denyut jantung berdenyut tidak normal. Makanlah satu atau dua pisa hari ini,paling tidak demi mendapat asupan vitamin c kedalam tubuh anda.

11. Biji bijian seperti almond and walnut.

Biji bijian mengandung banyak lemak tidak jenuh, vitamin E, magnesium, dan serat. Karenanya,biji bijian bagus buat kesehatan jantung, pembuluh darah dan kulit. Dr. Mehmet Oz, seorang ahli bedah jantung dan pengarang buku, memberikan nasehat kepada publik untuk makan segenggam penuh biji bijian setiap hari. Namun pilihlah yang tidak terlalu asin.

12. Coklat hitam atau sering disebut dark chocolate.

Coklat hitam mengandung resveratrol dan flavonoids untuk melindungi jantung anda. Para ahli secara spesifik takjub dengan komponen resveratrol karena berdasarkan percobaan terhadap binatang di laboratorium, komponen ini bisa memperpanjang batas usia. Jika anda membeli cokelat, belilah yang hitam atau dark chocolate. Terutama yang mengandung cocoa 70 persen. Rasanya memang agak pahit, tapi coklat jenis ini lebih menyehatkan dari pada coklat susu atau cokelat putih.

13. Produk produk yang terbuat dari kacang kedelai.

Produk produk seperti tofu dan susu kacang mengandung banyak protein, vitamin B1, B12,folate,enzim neacin, kalsium, dan potassium. Walaupun penelitian akhir akhir ini menunjukkan bahwa kacang kedelai tidak menurunkan kolestrol, Asosiasi Jantung Amerika atau American Heart Association masih mempertimbangkan produk produk kacang kedelai sama sehatnya sebagai pengganti produk produk yang terbuat dari daging dan makanan berminyak lainnya. Lebih lanjut, banyak penelitian telah berkali kali membuktikan bahwa orang orang pemakan sayur sayuran hidup lebih lama dari pada orang yang suka makan daging.

14. Air

Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika Anda sedang mengalami dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat hati Anda mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Catatan : Banyak ahli merekomendasikan setidaknya dalam sehari seseorang harus minum 8-10 gelas air (untuk dewasa).  Tetapi rekomendasi jumlah yang harus diminum  tidak bisa berlaku pada setiap orang dan setiap kondisi.  Yang pasti, jangan biarkan tubuh Anda sampai mengalami dehidrasi. Anda juga dapat menambahkan jus atau air perasan lemon ke dalam air hangat untuk menambahkan cita rasa sekaligus memeroleh manfaat peluruhan dan antioksidan.

Sumber:

http://agil-asshofie.blogspot.com/2012/10/menjaga-kesehatan-jantung.html

http://wolipop.detik.com/read/2012/10/16/175509/2064272/1135/4-makanan-yang-bisa-menjaga-kesehatan-jantung

http://wirainside.blogspot.com/2011/06/10-makanan-untuk-menjaga-kesehatan.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s